Swara Gapura
Bertempat di Aula Bale Kota Tasikmalaya Pj Walikota Tasikmalaya Cheka Virgowansyahi menghadiri sekaligus membuka kegiatan Rapat Koordinasi dan Penguatan Fungsi PPID Pembantu/Pelaksana dan Admin SPAN-LAPOR di Lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya. Senin (26/3/2024).
Turut hadir pula, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Tasikmalaya H. Hanafi, Kabid IKP Diskominfo Kota Tasikmalaya Iman Pranata, Irba IV Inspektorat Kota Tasikmalaya Sopyan dan seluruh Pengelola PPID pembantu/ pelaksana dan admin SPAN-LAPOR di lingkungan Pemkot Tasikmalaya.
Cheka berharap prestasi yang sudah dicapai oleh Pemkot Tasikmalaya sebagai kota yang informative dapat dipertahankan dan bilamana ada yang masih kurang dibahas lebih detail.
Pada kesempatan tersebut Cheka juga mengingatkan akan pentingnya keterbukaan informasi public sehingga masyarakat dapat menyampaikan saran saran dan memperoleh informasi terkait dengan program program yang akan dan telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya. “Agar informasi Valid setiap OPD harus mengupdate data dan bilamana ada yang meminta informasi dari public harus segera direspon dengan baik dan cepat,” ujarnya.
Ia jmenambahkan bagi masyarakat yang akan melaporkan atau memberikan informasi kejadian yang bersipat gawat darurat Kota Tasikmalaya telah memiliki layanan GeCe 112. Menurut Cheka masyarakat bisa melaporkan setiap kejadian darurat melalui layanan 112 dan langsung direspon. “Semua OPD harus mensosialisasi layanan GeCe 112 kepada masyarakat agar dapat dimanfaatkan dengan bai,”ujarnya.
“Dan diharapkan Pemkot Tasikmalaya semakin dapat meningkatkan transparansi, responsive dan keterlibatan masyarakat dalam proses pelayanan public,” tambah Cheka.
Sementara itu Kepada Diskominfo Kota Tasikmalaya H Hanafi mengatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya pada tahun 2021, 2022 dan tahun 2023 telah berhasil mendapatkan penghargaan dari Komisi Informasi (KI) Provinsi Jawa Barat sebagai badan public yang informative. “Dengan mendapakan penghargaan sebanyak tiga berturut turut dari KI, hal ini menunjukan bahwa pelayanan dan pengelolaan PPID Kota Tasikmalaya sudah baik,” ujarnya
Pada kesempatan yang sama H. Hanafi juga menyampaikan bahwa layanan call center gerak cepat 112 telah aktif. H. Hanafi mengaku terus melakukan sosialiasi layanan ini agar masyarakat dapat mengaksesnya dengan baik. “Ketika masyarakat melaporkan kejadian darurat maka instansi terkait akan merespon dan langsung ditindaklanjuti,” pungkas H. Hanafi. (SG.W-002/toni jayalaksana)