Rakor PPID, Cheka: OPD Harus Update Data

Swara Gapura

Bertempat di Aula Bale Kota Tasikmalaya Pj Walikota Tasikmalaya Cheka Virgowansyahi menghadiri sekaligus membuka kegiatan Rapat Koordinasi dan Penguatan Fungsi PPID Pembantu/Pelaksana dan Admin SPAN-LAPOR  di Lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya. Senin (26/3/2024).

Turut hadir pula, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Tasikmalaya H. Hanafi, Kabid IKP Diskominfo Kota Tasikmalaya Iman Pranata, Irba IV  Inspektorat  Kota Tasikmalaya Sopyan dan  seluruh Pengelola  PPID pembantu/ pelaksana dan admin SPAN-LAPOR di lingkungan Pemkot Tasikmalaya.

Cheka berharap prestasi yang sudah dicapai oleh Pemkot Tasikmalaya  sebagai kota yang informative dapat dipertahankan  dan bilamana ada yang masih kurang dibahas lebih detail.

Pada kesempatan tersebut Cheka juga mengingatkan akan pentingnya keterbukaan informasi public sehingga masyarakat dapat menyampaikan saran saran dan memperoleh informasi terkait dengan program program yang akan dan telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya. “Agar informasi Valid setiap OPD harus  mengupdate data dan bilamana ada yang meminta informasi dari public harus segera direspon dengan baik dan cepat,” ujarnya.

Ia jmenambahkan  bagi masyarakat yang akan melaporkan atau memberikan informasi kejadian yang bersipat gawat darurat Kota Tasikmalaya telah memiliki layanan GeCe 112. Menurut Cheka masyarakat bisa melaporkan setiap kejadian  darurat  melalui layanan 112 dan langsung direspon. “Semua OPD harus mensosialisasi layanan GeCe 112 kepada masyarakat agar dapat dimanfaatkan dengan bai,”ujarnya.

“Dan  diharapkan Pemkot Tasikmalaya semakin dapat meningkatkan transparansi, responsive dan keterlibatan masyarakat dalam proses pelayanan public,” tambah Cheka.

Sementara itu Kepada Diskominfo  Kota Tasikmalaya H Hanafi mengatakan bahwa Pemerintah Kota  (Pemkot) Tasikmalaya  pada tahun 2021, 2022 dan tahun 2023 telah berhasil mendapatkan penghargaan  dari Komisi Informasi (KI)  Provinsi Jawa Barat  sebagai  badan  public yang informative. “Dengan mendapakan penghargaan sebanyak tiga berturut turut  dari KI,  hal ini menunjukan bahwa pelayanan dan pengelolaan PPID Kota Tasikmalaya sudah baik,” ujarnya

Pada kesempatan yang sama H. Hanafi juga menyampaikan bahwa layanan call center gerak cepat 112 telah aktif. H. Hanafi mengaku terus melakukan sosialiasi layanan ini agar masyarakat dapat mengaksesnya dengan baik. “Ketika masyarakat melaporkan kejadian darurat maka instansi terkait akan merespon dan langsung ditindaklanjuti,” pungkas H. Hanafi. (SG.W-002/toni jayalaksana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *