Swara Gapura
Awal Kepemimpinan Harus Dimaknai Positif Sebagai Bahan Motivasi Bagi Viman – Dicky Untuk Merefleksi Dan Mengakselerasi Pelaksanaan Visi Misi Sebagaimana Janji Politik, Melalui Langkah-Langkah Nyata Dengan Meletakan Dasar-Dasar Strategis Menuju 5 Tahun Ke Depan, antara lain Mensinergikan Perencanaan Makro Yang Telah Ditetapkan Dalam RPJD.
Selanjutnya Penyusunan RPJMD masih Berjalan Sesuai Dengan Tahap Sesuai Peraturan Perundang-Undangan, telah Melewati proses Musrenbang RPJMD Tingkat Kota Yang Dihadiri dan disepakati Seluruh Stakeholder.
Salah Satu Agenda pentingnya Memastikan Reformasi Birokrasi Dan Tata Kelola Pemerintahan dilakukan profesional dengan menerapkan Meryt Sistem dan memastikan restrukturisasi organisasi perangkat daerah berpegang prinsip ramping struktur kaya fungsi, demi mewujudkan birokrasi yang efektif dan efisien.
selanjutnya mengambil langkah-langkah nyata dalam mengakselerasi program / kegiatan yang telah ditetapkan dalam APBD tahun 2025, agar segera dirasakan oleh masyarakat Kota Tasikmalaya.
Selain itu Pemkot Tasikmalaya telah melaksanakan efisiensi anggaran belanja pada APBD tahun 2025 sesuai instruksi presiden untuk memastikan dukungan maksimal belanja pemerintah daerah dalam mengoptimalkan program kegiatan yang terkait langsung dengan pelayanan masyarakat.
Berikutnya telah melaksanakan percepatan proses pergeseran anggaran baik melalui perubahan peraturan kepala daerah tentang Penjabaran APBD 2025 dan sedang melakukan proses percepatan perubahan Perda APBD 2025 yang direncanakan paling lambat bulan juli 2025. perubahan tersebut menjadi salah satu upaya untuk percepatan pelaksanaan program / kegiatan yang tercantum dalam visi misi kepala daerah.
Kepala daerahpun telah mengawal proses perencanaan APBD tahun 2026 yang dimulai dari Musrenbang tingkat kelurahan sampai Musrenbang tingkat Kota Tasikmalaya untuk memastikan APBD tahun 2026 dapat akomodasi program kegiatan unggulan kepala daerah.
Pada awal kepemimpinan Viman-Dicky telah banyak langkah-langkah konkrit untuk mengakselerasi tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat diantaranya di bidang Lingkungan Hidup dengan Pengadaan Sarana Prasarana Pengelolaan Sampah sebanyak 30 Kontainer Sampah dan 3 Armada Pengangkut Sampah, Pembersihan Rutin TPS Ilegal di 12 Titik Ruas Jalan (Dari 40 Tps Ilegal, 20 Tps Sudah Tertangani), Penanaman Pohon (Pada Hari Bumi 22 April 2025) dilaksanakan di 10 Kecamatan dengan 26 Perangkat Daerah, Pemeliharaan Rutin Ruang Terbuka Hijau sebanyak 28 Lokasi (Taman Kota, Dadaha Dan Pulau Jalan) serta mereduksi Pencemaran TPA Ciangir Bekerjasama Dengan Akademisi Universitas Siliwangi (Fakultas Teknik Dan Fakultas Pertanian) tentang kajian hasil Pengelolaan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL )
Dalam Bidang pendidikan beberapa hal diantaranya dalam Infrastruktur Pendidikan melakukan persiapan pembangunan infrastruktur sekolah rakyat, rehabilitasi ruang kelas, RKB dan meubelair dan alokasi anggaran untuk perbaikan sarana dan prasarana di SD Negeri Ciangir Kec. Tamansari. Untuk meningkatkan Kualitas Pendidikan telah Mengusulkan Penambahan Kuota PNS dan PPPK serta proses penetapan calon penerima beasiswa mahasiswa miskin berprestasi sebanyak 94 orang. sedangkan untuk Kesejahteraan Guru Honorer Mengusulkan 21 Orang Guru Yang Sudah Memenuhi Persyaratan Ke Kemendikdasmen Untuk Mendapatkan Tpg Bagi Guru Honorer, Mengintruksikan Kepada Kepala Dinas Pendidikan Untuk Mempermudah Proses Kenaikan Pangkat Dan Gaji Berkala Sesuai Dengan Ketentuan dan Mendorong Percepatan Proses Pengajuan Nomor Urut Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Agar Terdaftar Di Dapodik.
Dalam bidang Kesehatan Penanganan Stunting menjadi priortas dengan pemberian makanan tambahan pangan lokal di puskesmas dan pemberian susu bagi ibu hamil kek sebanyak 190 orang pada akhir bulan mei, melakukan pendataan & pendampingan keluarga berisiko stunting sebanyak 6.034 keluarga, gerakan minum susu (kerjasama antara dinas ketahanan pangan, pertanian dan perikanan dan tim penggerak PKK Kota Tasikmalaya), Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional Sebanyak 94.929 Orang serta Peningkatan Sarana & Prasarana Kesehatan dengan Rehabiitasi / Pengembangan Sarana Dan Prasarana Puskesmas Panglayungan Dan Puskesmas Cigeureung .
Dalam Bidang Keagamaan Pemkot Tasikmalaya menggelar MTQH tingkat Kota Tasikmalaya dengam 184 peserta, memberikan hibah insentif guru Diniyah, TPA/TKA/RA, pelaksanaan Magrib mengaji sebanyak 10.973 guru (tahap i), sosialisasi terhadap calon penerima hibah sebanyak 163 lembaga keagamaan dan Silaturahmi Umaro dan tokoh masyarakat serta tokoh agama ( 27 mei 2025 ).
Dalam Bidang Pemuda dan Olah raga melaksanakan Pelatihan wirausaha pemuda pemula sebanyak 25 orang, Youth City Changers sebanyak 2 orang, Syawal Run (Sport Tourism) dan Unsil Tasikmalaya Half Marathon (Sport Tourism)
Bidang Sosial Pemkot Tasikmalaya memberikanan bantuan untuk lansia, disabilitas dan anak sebanyak 270 ppks di 2 kecamatan (Cipedes dan Mangkubumi), melakukan penguatan program Tasik Bageur (janjian berbuat baik) dan pelayanan Layar Kusumah (layanan antar sampai ke rumah), launching program Nyaah ka Indung serta penguatan program Bakul Tasik (bagi-bagi kumpulan makanan di Tasikmalaya)
Dalam Seni Dan Budaya memfasilitasi apresiasi dan pentas seni, memfasilitasi pentas seni tradisional (seni religi), melakukan peningkatan kapasitas kecagarbudayaan, mengadakan pojok dialog budaya, pembentukan tim ahli cagar budaya dan Kolaborasi Tari Payung ft. Asia Express
Bidang Koperasi, UMKM dan Perdagangan tak luput dari perhatian dengan melakukan Pelatihan Bagi Manajer Koperasi Sebanyak 30 0rang Manajer Koperasi, Sosialisasi Pembentukan Koperasi Merah Putih Di 69 Kelurahan, Pelatihan Usaha Mikro Bagi 300 Orang Dari Keluarga Kurang Mampu, Pelatihan Digital Marketing Sebanyak 30 Orang, Pameran Dagang Nasional (Inacraft) Sebanyak 8 Umkm Promosi Dan Pengembangan Usaha Kecil Sebanyak 9 Komoditi. khusus untuk Perdagangan melakukan Operasi Pasar Murah Di 10 Kecamatan, dan Pemeliharaan Jalan Pasar Cikurubuk Di 6 Lokasi.
Dalam Pertanian Dan Perikanan Pemkot Tasikmalaya melaksanakan pelatihan budidaya perikanan sebanyak 50 orang dan memberikan bantuan sarana budidaya perikanan dan peternakan sebanyak 8 kelompok.
Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif melaksanakan Pelatihan Wirausaha Ekonomi Kreatif (25 Orang).
Dalam Bidang tenaga Kerja Pemkot Tasikmalaya menggelar Pelatihan Kompetensi Tenaga Kerja Sebanyak 131 Orang (Dinas Tenaga Kerja 80 orang calon tenaga kerja dan DPUTR sebanyak 51 orang tenaga kontruksi)
Infrastrukturpun tak luput perhatian Pemkot Tasikmalaya dengan Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) jaringan perpipaan di RW 06 dan RW 07 Ciangir kelurahan/kecamatan Tamansari, pemeliharaan rutin jalan sepanjang 16,09 km, peningkatan jaringan irigasi permukaan, penanganan genangan melalui normalisasi sungai di 3 lokasi (Sungai Cikalang, Sungai Cibadodon, dan Sungai Cinutnut) dan Rehabilitasi jalan batu andesit (depan Mesjid Agung).
Bidang Perumahan Dan Permukiman Melakukan Verifikasi calon penerima perbaikan rumah tidak layak huni sebanyak 76 unit, penataan kawasan kumuh (jalan) : sudah SPK dan pengelolaan PSU perumahan (jalan) dalam proses pengadaan.
Dalam Pemerintahan melakukan Pelayanan Perizinan Sebanyak 4.672 Pelaku Usaha, Pengangkatan CASN Sesuai Dengan Kualifikasi Dan Kompetensi Dilaksanakan 14 April 2025, Pelaksanaan Seleksi Kompetensi PPPK Tahap Ii Di Lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya Pada 16-17 Mei 2025, Pengembangan Kompetensi, Diklat Dan Sertifikasi Kompetensi Pengadaan Barang Dan Jasa Pemerintah, Pengembangan Fitur Aplikasi SIMASN Dan SIPEKA, Pemutakhiran Database SIASN (21 Maret 2025) dan Pengembangan Aplikasi Mata Resik (Manajemen Talenta Terintegrasi Kota Tasik).
Bidang Komunikasi Dan Informatika dengan penyediaan akses internet publik di Pasar Cikurubuk sebanyak 10 titik, pembangunan aplikasi e-retribusi yang akan diterapkan di Pasar Cikurubuk sebanyak 1 aplikasi, pembangunan aplikasi e- puskesmas sebanyak 1 aplikasi, pelatihan pemanfaatan TIK bagi guru sebanyak 130 orang dan UMKM sebanyak 100 orang, penerapan teknologi Artificial Intelegent untuk pelayanan adm. kelurahan (Hai tasik) dan pengembangan aplikasi pengaduan.
Dalam Bidang Administrasi Kependudukan Dan Catatan Sipil Pemkot Tasikmalaya melakukan Sidang Isbat Nikah Terpadu sebanyak 260 Pengantin, Perekaman KTP Elektronik Sampai Dengan 9 Mei 2025 Sebanyak 564.686 Orang, Cetak KTP Elektronik sampai dengan 9 Mei 2025 sebanyak 578.409 lembar, Cetak Kartu Identitas Anak (KIA) sampai dengan 9 Mei 2025 sebanyak 102.605 lembar, Cetak Akta Kelahiran 0-17 tahun sampai dengan 9 Mei 2025 sebanyak 217.832 lembar dan Indentitas Kependudukan Digital sampai dengan 9 Mei 2025 sebanyak 40.893.
Bidang Perencanaan Dan Penelitian Pengembangan Daerah Penyusunan Rancangan Rpjmd Tahun 2025-2029, Penyusunan Rancangan RKPD 2026 dan Coaching Clinic Proposal Inovasi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP).
Bidang Ketentraman Dan Ketertiban Umum melakukan Pembentukan Satgas Premanisme, Verifikasi Ormas sebanyak 20 Ormas, Pengamanan Ramadhan dan Idul Fitri 1446h/2025, Patroli Gabungan Bersama TNI/Polri Cipta Kondisi, Penanganan Bencana sebanyak 88 kejadian di 515 titik, Penyaluran Bantuan kebutuhan dasar korban bencana sebanyak 90 orang dan Pencarian, Pertolongan dan Evakuasi Korban Bencana sebanyak 53 orang.
Terakhir Bidang Pengawasan melakukan Review Laporan Keuangan, Penerapan Aplikasi SIMWAS (Sistem Informasi Manajemen Pengawasan), Koordinasi, Monitoring Dan Evaluasi Serta Verifikasi Pencegahan Dan Pemberantasan Korupsi serta Pemanfaaatan Teknologi Informasi Dalam Pelaksanaan Pengawasan Internal.
Salah seorang Ulama Kota Tasikmalaya H. Ono dari Forum Pesantren Kota Tasikmalaya berterima kasih dan mengapresiasi apa yang telah dilakukan Pemkot Tasikmalaya dengan dibawah Komando Viman – Dicky dengan menciptakak keharmonisan antara Ulama dan Umaro.
“Semoga penyusunan RPJMD yang telah dilaksanakan memberikan manfaat dan kedepan setelah program 100 harinya Viman – Dicky kelaka kan membawa kebaikan dan kemajuan bagi Kota Tasikmalaya,” pungkasnya. (SG.W007)
